Jumat, 03 Juni 2016

Jerman dan Gue

http://www.anneahira.com/images_wp/sistem-pemerintahan-jerman.jpg

Tahun demi tahun berlalu, dan gue sadar waktu yang gue lewatin udah semakin banyak. Mau sedikit curhat aja kali ini. Ini berhubungan sama gue, masa lalu gue dan cita-cita gue.

Ini gue bikin tulisan ini, karena kemarin secara gak sengaja gue baca tulisan yang ngebuat gue terpaksa ngegali ingatan gue di masa lalu dulu. Tulisan yang berhubungan sama cita-cita gue. Gue sempet tertegun pas gue baca tulisan itu, dan membuat semua kenangan-kenangan gue menguar.

Okay, jadi intinya gini. Tulisan itu menjelaskan tentang seseorang yang mengejar impian yang dia punya, meski dia gak tau mesti mulai darimana, meskipun gak tau mau mulai darimana dia gak menyerah. Dia tetep dengan segenap kemampuannya dia buat ngewujudin apa yang dia cita-citakan.

Gue sempet terhenyak sama kata-kata di awal postingan itu yang isinya begini,

"...dan semua keraguan itu terjawab saat penerbangan pertama gue ke Frankfurt."

Jujur, setelah baca itu gue sempet bengong, saraf di tubuh gue seakan lumpuh, badan gue menegang. Oke, intinya gue terpana dan shock aja baca kata-kata di atas.

Gue yang baca tulisan tadi gak niat, itu juga kebetulan karena sebenernya gue mau nyari tugas gue yang lain.

Gak sengaja gue baca tulisan itu, dan dalam hati gue berkata, 'kok pas banget?' ia, ketika ada kata-kata Frankfurt di ujung kalimat itu membuat gue inget sama cita-cita lama gue. Ke Jerman.

Ya, Ke Jerman.

Mimpi besar gue sewaktu SMA.

Dulu, gue selalu berkoar-koar, dan antusias banget setiap bahas Jerman. Gue pengen ke sana, gue pengen sekolah di sana. Gue pengen kuliah di sana.

Tapi, semakin lama, semakin gue masuk ke tingkat sekolah yang lebih tinggi, gue mulai melupakan mimpi itu.
 Gue mulai mengatakan diri gue kalau mimpi itu terlalu tinggi, dan juga gue bingung mau mulai dari mana. Gue juga mulai berdamai sama diri sendiri untuk menyusun rencana hidup gue 'yang mungkin' gue lakuin aja. Salahnya saat itu gue bener-bener cuma bermimpi, cuma nanem impian. Harusnya gue 'berencana' buat pergi ke Jerman, bukan 'bermimpi' buat pergi ke Jerman.

Ya, jadi gue akhirnya memutuskan untuk kuliah di dalem negeri, sama sekali gak kepikiran lagi buat kuliah ke  Jerman. Pas waktu SMA kelas tiga, zaman lagi heboh-hebohnya SNMPTN gue bener-bener ngasih perhatian gue nyaris sepenuhnya ke sana. Gue bener-bener ngelupain tentang mimpi gue ke Jerman tadi. Yah, dan akhirnya gue keterima SNMPTN dan melanjutkan jenjang S1 gue di dalam negeri. Gue bener-bener nyaris melupakan impian itu gengs, bukan melupakan, tapi gue menyerah di tengah jalan, atau bahkan kalah sebelum berperang.

Tapi, saat gue di sekitar semester 2 kuliah S1 gue, tanpa dinyana mimpi itu hidup lagi. Mau tau kenapa? ternyata sepupu gue yang biasa gue cerita ama dia tentang Jerman, berhasil menemukan jalan buat sekolah di sana. menemukan jalannya. Dia mampu mengubah mimpinya jadi kenyataan dengan rencananya yang matang. Gue bohong kalau gue gak iri sama keberhasilan dia. Kalau boleh jujur gue juga pengen ikut bareng dia. Tapi, gue lebih keseneng dan bangga sama dia, karena dia bisa melakukan apa yang gak bisa gue lakuin, mimpi yang gak bisa gue wujudin, ngeubah khayaan gue jadi kenyataan. Gue bukan iri yang gimana-mana, gue mah seneng-seneng aja, lagian juga dia sepupu yang udah kayak sohib gue banget, gue sayang ama dia juga. Jadi, gue lebih keseneng dan bangga ama dia.

Awal tahun ini, tepatnya 30 Januari 2016 dia beneran ngerasain penerbangan pertamanya dia ke Frankfurt, benerkan? De Javu kan? sama dengan kalimat yang ada di awal postingan tadi kan?

Hmm..

Ya, postingan tadi sukses ngebuat kenangan yang udah gue kubur bangkit lagi. Penyesalan gue kenapa gak berjuang sampe akhir. Kenapa gue menyerah di tengah jalan dulu.

Ya, gue sarat akan emosi banget kemarin pas pertama kali baca postingan tadi buat pertama kali.

Ya, itu kemarin. Tapi, hari ini, gue mencoba kembali berdamai sama keadaan. Lagi-lagi postingan itu menampar gue untuk kedua kalinya.

Kenapa lu gak bersyukur Nis?

Nah.. kan.

Gue lupa banget bersyukur kemarin.

Dan itu yang lebih gue sesalin sekarang, daripada gue gagal ke Jermannya.

Sekarang gue yakin Allah gak akan ngasih apa yang gue dapetin sekarang kalau di gak sayang sama gue.

Gue percaya Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Pasti ada alesannya kenapa sekarang gue ada di tempat gue sekarang.

Gue sering kali ngeluh sama keadaan gue sekarang, tanpa gue sadar banyak orang lain yang sebenernya pengen banget ada di posisi gue saat ini. Gue lupa bersyukur. Gue selalu ngelihat ke atas, dan lupa untuk ngelihat ke bawah.

Jadi, intinya jangan lupa bersyukur yaa:)

Ini postingan yang dari tadi gue bicarain yaa gengs Awal Sebuah Mimpi





0 komentar:

Posting Komentar