Senin, 06 Juni 2016

Selamat Datang Ramadhanku

 

Ramadhan datang lagi. Ini ramadhan ketiga gue jauh dari rumah. Awal puasa gue jalanin bareng temen kostan gue. Gue baru sadar, kalau empat tahun terakhir gue ngalamin di tempat yang beda-beda. Empat tahun lalu, gue jalanin ramadhan masih bareng keluarga gue, rame-rame di rumah. Tiga tahun lalu gue jalanin ramadhan bareng temen asrama gue, rame-rame di lorong 8 asrama TPB IPB. Dua tahun lalu gue ramadhan bareng temen-temen kontrakan, di kontrakan. Tahun ini gue jalanin ramadhan di tempat baru gue, di kostan Edelweiss. Lebih rame. Pokoknya ramadhan gue selalu rame, alhamdulillah.

Tahun ini gue ngerasa feel yang beda banget pas ramadhan. Tahun sebelumnya gue kayaknya gak ngerasain perasaan-perasaan yang semacem gue rasain sekarang. Gue ngerasa tahun ini gue kayak takut pas ramadhan dateng, kayak gak se-exited tahun-tahun sebelumnya, kan gue jadi serem sama diri gue, ada apa sebenernya sama diri gue? sebegitukah banyaknya dosa gue? iya gue jadi sadar sebanyak apa dosa yang udah gue lakuin satu tahun belakangan ini. Hmm..

Saat H-1 ramadhan tiba-tiba ada perasaan aneh yang ngelingkupin jiwa gue. Rasanya gue pengen banget mulai berubah. Gue pengen bener-bener pengen jadi lebih baik lagi ramadhan tahun ini. Yah, dan tiba-tiba perasaan exited itu akhirnya dateng.

Ramadhan kali ini gue lalui di tempat baru lagi, lebih spesial. Gue udah semester empat sekarang. Gue bener-bener gak mau nyia-nyiain ramadhan tahun ini. Gue mau seenggaknya setelah ramadhan gue bener-bener merayakan kemenangan. Jadi orang baru. Orang yang lebih baik lagi.

Ngomongin Jerman lagi boleh dong ya?. Ini bukan karena gue belum move on atau gimana. Mungkin tanpa gue sadari ternyata orang-orang di lingkaran gue terhubung sama Jerman. Mungkin ada rencana Allah di balik itu semua.

Gue sempet ngobrol sama beberapa orang.

Ada tiga orang lebih tepatnya.

Yang pertama sama sepupu gue, kita gak bahas soal waktu puasa atau bedanya puasa di sana sama di sini. Kita cuma ngomongin kalau puasa tahun ini lebih banyak godaannya. Terus harus bisa lebih jaga diri kalau lagi bulan ramadhan kayak gini. Yah, harus puasa yang benerlah intinya.

CI, PUASA TAHUN INI HARUS YANG BENER YAAHH OFF DULU NAK JADI FUJOSHI.

Kedua, gue sama temennya sepupu gue. Dia semacem ngerasa beda aja, soalnya ini tahun pertama dia jauh dari orang tua pas ramadhan, beda benua pula. Gue cuma bisa nyemangatin dia yang puasanya lebih dari 16 jam.

WIN, SEMANGAT YAA WINDI PASTI BISA KOK.

Ketiga, gue sama seseorang yang selalu dengan ramahnya menjawab pertanyaan gue seputar Jerman dan sebagainya, orang yang nyemangatin gue buat bisa ketemu dia langsung di sana. Orang yang sering bikin gue baper sama prestasinya. Bikin gue baper sama hidupnya dia. Bikin gue pengen kesana biar bisa ketemu orang ini, dan bisa ngobrol banyak. Secara langsung. Orang yang seakan-akan gue bisa segera ke Jerman, dan ketemu langsung sama dia, dan hal itu adalah sesuatu yang gak begitu sulit. mudah. Oke, jadi beberapa hari ini gue masih ngobrol sama dia, dengan gue yang pastinya bakalan bertanya banyaaaaaak hal sama dia, dan dia jawab dengan jawaban yang selalu bikin gue histeris. Intinya ramadhan tahun ini harus dia jalanin 18 jam. Well, lumayan banget. Gue cuma bisa nyemangatin dan ngedoain semoga puasanya lancar.

KAK, SEMANGAT PUASANYA YAA, PULANG ATUH, LEBARAN DI BOGOR, ATAU MAIN KE LAMPUNG, KUMPUL SAMA KELUARGA DI SANA, MASA LEBARAN DI JERMAN MULU, PULANG DONG TAHUN INI KAK, PENGEN KETEMU SAMA KAKAK SUPER.

Gue percaya takdir. Gue percaya tangan tuhan selalu bekerja. Kalau gue mau usaha pasti ada jalan. Usaha gue buat jadi lebih baik lagi, selama ramadhan ini, dan bulan-bulan setelahnya.

Gue percaya, selalu ada alasan kenapa gue dipertemukan sama orang-orang tadi. Di antara milyaran manusia. Bumi dihuni sama lebih dari tujuh milyar manusia kan?. Nah, pasti ada alesannya kenapa gue bertemu sama orang-orang yang ada di lingkaran gue saat ini.

Rumah baru, lingkungan baru. Semangat juga harus baru dong yaa!!

Selamat puasa:)

Mohon dimaafkan kalau ada kesalahan.

0 komentar:

Posting Komentar